Kota Tua Jericho Ditetapkan UNESCO Sebagai Warisan Dunia di Palestina, Israel Geram

Kota Tua Jericho didaftarkan menjadi warisan dunia Palestina (Sumber: gareththeobalditfyou/Pixabay)

AMANPALESTIN.ID– Pada hari minggu (17/09) salah satu komite PBB memilih untuk mendaftarkan reruntuhan prasejarah di kota kuno Jericho sebagai situs warisan dunia di Palestina. keputusan tersebut sontak membuat Israel yang menguasai wilayah tersebut geram dan tidak mengakui negara Palestina.

Dilansir columbian.com,Jericho merupakan salah satu kota tertua yang berada di Tepi Barat yang dikelola oleh Otoritas Palestina yang diakui secara Internasional. Daftar ini mengacu pada situs arkeologi Tell es-Sultan di dekatnya, yang berisi reruntuhan prasejarah yang berasal dari milenium kesembilan SM dan berada di luar kota kuno itu sendiri.

Di bawah naungan Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB, UNESCO keputusan pendaftaran situs tersebut dilakukan saat pertemuan Komite Warisan Dunia di Riyadh, Arab Saudi (18/09).

Di sisi lain, pada hari Minggu (17/09), Kementerian luar negeri Israel mengatakan, daftar situs warisan tersebut adalah taktik “sinis” oleh Palestina untuk mempolitisasi UNESCO. Tidak hanya itu, Israel mengancam akan bekerja dengan sekutu-sekutunya untuk membalikkan apa yang dikatakannya sebagai keputusan “terdistorsi” organisasi itu.

Israel keluar dari UNESCO pada 2019, menuduhnya bias terhadapnya dan mengurangi hubungannya dengan Tanah Suci. Israel juga keberatan dengan penerimaan UNESCO atas Palestina sebagai negara anggota pada tahun 2011. Namun, Israel tetap menjadi pihak dalam Konvensi Warisan Dunia dan mengirim delegasi ke pertemuan di Riyadh.

YAPI Media
Share this post:
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Mawana
5 months ago

mantap miiin