Great Return March: 1 Syahid, Puluhan Luka-Luka

AMANPALESTIN.ID - Seorang warga meninggal dan puluhan lainnya luka-luka, akibat tembakan peluru tajam dan gas air mata yang dilancarkan pasukan Israel pada aksi damai Jumat ke 77 pawai kepulangan akbar dan penghapusan blockade di Gaza Timur.
Kementerian kesehatan di Gaza merilis informasi, satui orang warga; Ala Nizar Hamdan (28) meninggal akibat luka tembak yang dilancarkan pasukan Israel di kawasan timur Jabalia, Gaza utara.
Sementara itu petugas medis memberikan pertolongan kepada sekitar 54 korban luka, termasuk 22 luka tembak dalam aksi damai di Gaza timur.
Komite nasional pawai kepulangan dan penghapusan blockade menyerukan kepada segenap warga Gaza untuk hadir dalam aksi Jumat ke 77, yang bertema “Rekonsiliasi Pilihan Bangsa” untuk menegaskan kesiapan persatuan warga, guna menggagalkan penggabungan Tepi Barat dan Lembah Jordan serta proyek penghapusan persoalan Palestina.
Komite menyatakan: “Persatuan adalah kompas kita, kemerdekaan adalah kiblat kita, siapa yang berupaya menyelewengkan kompas adalah pelaku criminal, yang tidak merespon harapan dan cita-cita bangsa meraih kemerdekaan dan hak kepulangan pengungsi.”
Pertempuran kita untuk menghapus blockade dan sanksi adalah bagian penting dari pertempuran penguatan bangsa, untuk melanjutkan perjuangan meraih kemerdekaan dan kehormatan, persatuan merupakan senjata utama kita dalam pertempuran ini,
ungkap Komite.
Komite meminta segenap warga Palestina untuk hadir ke kemah-kemah kepulangan di lima lokasi Gaza timur, untuk berpartisipasi dalam aksi Jumat ke 77 pawai kepulangan akbar.
Pawai kepulangan diluncurkan pada 30 Maret 2018, bersamaan dengan peringatan Hari Bumi, dengan memasang lima kemah sementara di dekat pagar pembatas keamanan yang memisahkan Gaza dan wilayah Palestina terjajah lainnya.
Sejak awal aksi, pihak Israel merespon secara represif, yang menewaskan 325 demonstran Palestina, dan melukai ribuan lainnya, termasuk 500 luka parah. (Sumber: Melayu Palinfo)