Indonesia kerja sama dengan Saudi untuk wujudkan kemerdekaan Palestina berdasarkan solusi dua negara.

JAKARTA - Pemerintah Indonesia menyatakan perdamaian di Timur Tengah mustahil tercipta selama Palestina belum merdeka. Pernyataan ini disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi saat menemui kunjungan Menlu Arab Saudi Adel al-Jubeir, Selasa (23/10/2018).

Kedua Menlu tersebut melakukan pertemuan di kantor Kementerian Luar Negeri Indonesia di Jakarta Pusat.

Dalam pertanyaan bersama, Retno mengatakan bahwa Indonesia dan Saudi akan terus melakukan kerja sama untuk mensiarkan perdamaian. Retno lantas berujar, "perdamaian di Timur Tengah tidak akan tercapai jika Palestina belum merdeka".

"Sebagai dua negara Muslim yang besar, Indonesia bersama dengan Arab Saudi ingin terus melakukan kerja sama untuk mensiarkan perdamaian, toleransi dan penyelesaian konflik secara damai," kata Retno.

"Tantangan dunia semakin besar, energi untuk perdamaian, energi untuk kemanusiaan sangat penting untuk lebih ditingkatkan di tengah berbagai macam tantangan dunia saat ini," ujarnya.

"Tantangan perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah juga semakin besar. Stabilitas dan perdamaian di Timur Tengah tentunya tidak akan tercipta tanpa perdamaian dan kemerdekaan Palestina. Oleh karena itu, kita sepakat untuk terus bekerjasama, berjuang bagi tercapainya kemerdekaan Palestina berdasarkan solusi dua negara," imbuh Menlu perempuan pertama Indonesia ini.

Sumber : Sindonews.com