Pasien Anak di Gaza Terancam Bahaya Akibat Kelangkaan Pasokan Obat

AMANPALESTIN.ID - 

Direktur Farmasi Rumah Sakit di kementerian kesehatan Gaza, Ala Halas mengingatkan kelangkaan pasokan obat-obatan bagi pasien di sejumlah rumah sakit di Gaza, antara lain susu untuk obat dengan semua jenisnya, yang mengancam kesehatan pasien anak-anak.

Menurut Kepala Bagian Pencernaan di RS Rantisi, Raghib Warasy, kelangkaan bermacam jenis susu untuk obat berdampak negative bagi kesehatan pasien anak di Gaza, yang bisa berdampak pada diare menahun dan penurunan bobot badan, sehingga terpaksa dirawat di RS dalam jangka waktu yang lama.

Dijelaskan bahwa pasien anak sudah terbiasa mengkonsumsi susu glaktomin sejak lahir, sehingga mereka terancam bahaya, karena tak bisa mencerna selain makanan hewani, seperti ikan, daging dan susu, tanpa itu maka berdampak buruk bagi kesehatan mereka secara umum.

Susu jenis ini tidak tersedia di pasaran, dan tidak ada alternative pengganti, dan harganya cukup mahal sekitar 100 USD.

Sementara susu Neotermogen diberikan kepada anak-anak yang sensitive terhadap protein yang ada di susu sapi, dan jenis ini banyak dikonsumsi oleh pasien anak. Sementara alternative pengganti tidak setara dengan yang ada. Sedangkan susu Ezomel dibutuhkan oleh anak-anak yang menderita kekurangan asupan glukosa, dan beberapa jenis susu lainnya yang mengalami kelangkaan pasokan di sejumlah rumah sakit di Gaza.

Pihak kementerian kesehatan di Ramallah sejak awal tahun ini belum mengirimkan pasokan obat-obatan yang dibutuhkan di rumah sakit di Gaza.  (Sumber: Melayu Palinfo)